Denah Rumah Tipe 21 dan Tipe 36

Seiring perkembangan zaman, harga tanah dan rumah di Indonesia kian melonjak. Akibatnya, banyak masyarakat urban yang memilih tinggal di rumah mungil yang minimalis. Meningkatnya permintaan konsumen terhadap tipe rumah ini membuat banyak delevoper memperbanyak pembangunannya. Ada dua tipe rumah mungil yang muah ditemui, yakni tipe 21 dan tipe 36. Namun, selain membeli rumah, banyak juga orang yang hanya membeli tanah. Mereka kemudian akan membangunnya dengan tipe 21 ataupun 36. Dengan demikian, mereka dapat membuat denah rumah sendiri. Nah, jika tertarik juga, denah rumah berikut dapat menjadi inspirasi Anda.

Denah Rumah Tipe 21

Sesuai dengan namanya, rumah tipe 21 memiliki luas 21 meter persegi.Di antara rumah minimalis lainnya, rumah tipe 21 memiliki harga paling terjangkau. Di kehidupan sehari-hari, rumah tipe ini juga dikenal dengan sebutan RSS (Rumah Sangat Sederhana). Karena ukurannya yang sangat kecil, rumah ini hanya dapat menampung 1-3 orang. Jadi, cocok untuk orang yang belum berkeluarga atau pasangan yang belum memiliki anak.

Rumah tipe 21 biasanya memiliki ukuran seluas 6 x 3,5 meter persegi. Sementara itu luas tanahnya berkisar antara 60 meter persegi hingga 72 meter persegi. Secara umum, rumah ini terdiri atas garasi terbuka, kamar tidur, kamar mandi, serta taman di bagian depan dan belakang. Sementara itu, dapur, ruang makan, ruang keluarga, serta ruang tamu dijadikan di satu tempat yang sama. Berikut ini contoh denah rumah tipe 21.
Denah Rumah Tipe 21/60

Sisa luas tanah pada bagian depan dan bagian belakang juga dapat dimanfaatkan. Misalnya saja untuk membangun ruangan tambahan sehingga luas rumah dapat bertambah. Bila luas tanahnya 72 meter persegi, rumah juga dapat dibangun lebih luas.

Selain itu, rumah tipe 21 juga dapat diberikan kamar tidur tambahan. Namun, ukurannya harus lebih kecil dari kamar tidur utama. Jadi, kamar tidur tambahan sebaiknya hanya diberikan tempat tidur berukuran single. Ruang tamu yang juga sekaligus ruang keluarga juga dapat diperluas sesuai kebutuhan. Bila semakin luas, ruangan tersebut dapat didesign menjadi semakin nyaman. Berikut adalah denah rumah tipe 21 yang telah direnovasi.
Denah Rumah 21-27

Denah Rumah Tipe 36

Rumah tipe 36 memiliki luas 36 meter persegi. Sampai saat ini, rumah tipe 36 banyak diminati oleh keluarga-keluarga baru.  Dibandingkan tipe 21, rumah ini memiliki ukuran yang lebih lega namun tidak berlebihan. Selain itu, harga rumah tipe 36 juga tidak terlalu mahal. Luas tanah yang sesuai untuk rumah tipe ini ialah 60 meter persegi, 72 meter persegi, ataupun 120 meter persegi.

Pada umumnya, rumah tipe 32 dapat memiliki tiga kamar tidur. Dua kamar tidur dapat berukuran besar, sementara satu kamar tidur berukuran lebih kecil. Selain itu, terdapat juga kamar mandi, ruang tamu, serta dapur. Ruang tamu dapat juga difungsikan sebagai ruang keluarga. Untuk memberikan nuansa asri, terdapat taman di bagian depan dan bagian belakang rumah.
Denah Rumah Tipe 37-72

Denah rumah tipe 36/72 yang telah direnovasi memiliki ukuran taman yang lebih kecil. Namun, bila diperhatikan, bagian interior lebih nyaman dan luas. Selain itu, letak antara kamar menjadi bersampingan, tidak seperti denah sebelumnya.
Denah Rumah Tipe 36-72 Renovasi

Itulah inspirasi-inspirasi denah untuk rumah tipe 21 dan 36. Meskipun kecil, Anda tetap dapat membuatnya menjadi nyaman. Rumah minimalis sederhana sebenarnya tidak hanya terdiri atas tipe 21 dan 36 saja. Ada juga tipe lain seperti 24 dan 29. Namun, tipe-tipe tersebut jarang dibuat oleh pengembang.

Sumber: https://blog.urbanindo.com/2016/04/banyak-diminati-begini-lho-denah-rumah-mungil-tipe-21-dan-36/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Denah Rumah Tipe 21 dan Tipe 36"

Post a Comment