Beda Tempat, Beda Gaya Animasi. Cek Di sini!

Animasi adalah sebuah proses merekam serta memainkan kembali rangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi dari gerakan-gerakan yang terjadi. Dalam arti harfiah, animasi bisa dikatakan sebegai usaha untuk menggerakkan sesuatu yang tidak dapat bergerak sendiri. Saat ini telah banyak berdiri sekolah animasi yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin belajar animasi. Berikut di bawah ini beberapa macam gaya animasi di berbagai negara:

SAE Indonesia

Gaya Animasi Di Eropa
Gaya animasi di Eropa lebih banyak mengenai genre fantasy, sebagian besar menggunakan cerita klasik seperti sebuah cerita kerajaan atau dongeng Sang Puteri serta pangeran. Salah satu contohnya adalah Snow White yang berasal dari dongeng terkenal di Eropa. Animasi yang menggunakan tema kerajaan serta kehidupan inilah yang menjadi ciri khas gaya animasi di Eropa.

Gaya Animasi Di Amerika
Animasi di Amerika memiliki gaya seperti halnya kehidupan nyata. Tampilan karakter serta alur cerita pada umumnya benar-benar dibuat nyata seperti kehidupan manusia sehari-hari. Gaya animasi di Amerika adalah episodik yang mana karakter utama tidak akan berubah atau terpengaruh dengan kejadian sebelunya. Gaya animasi di Amerika juga terpengaruh dari budaya Amerika sendiri, contohnya adalah animasi The Simpson yang menggambarkan kehidupan sehari-hari serta budaya Amerika secara nyata.

Gaya Animasi Di Asia
Animasi yang paling menonjol serta terkenal di Asia adalah animasi Jepang. Animasi Jepang atau anime sendiri bercirikan gambar berwarna-warni yang menampilkan tokoh-tokoh dalam berbagai macam lokasi serta cerita yang ditunjukkan pada beragam penonton. Animasi di Jepang sendiri dipengaruhi gaya gambar manga. Animasi Jepang dikatakan sebagai visual yang sangat bervariasi dan tidak memiliki gaya yang baku. Contoh animasi di Jepang yang memiliki ciri khas yang sangat populer adalah Doraemon. Anime di Jepang sendiri telah berhasil menyedot perhatian banyak orang Indonesia untuk belajar animasi.

Gaya Animasi Di Indonesia
Di Indonesia sendiri, animasi lebih sering digunakan untuk menawarkan berbagai macam produk dibanding untuk membuat film ataupun komik, seperti iklan Nutrisari contohnya. Untuk gaya Animasi di Indonesia sendiri memang tidak bisa dilepaskan dari pengaruh animasi Eropa dan Amerika. Salah satu contoh animasi di Indonesia yang cukup membanggakan adalah Paddle Pop. Saat ini telah banyak sekolah animasi yang membuka kesempatan bagi muda-mudi Indonesia untuk dapat belajar animasi dengan serius. SAE Institute Indonesia adalah salah satu sekolah animasi lokal yang saat ini sedang populer.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Beda Tempat, Beda Gaya Animasi. Cek Di sini!"

Post a Comment